Saturday, August 19, 2006

Gempa lagi.....gempa lagi....

Fenomena alam yang satu ini emang lagi ngetrend kali ya? Setelah 2 bulan lebih sejak peristiwa gempa yang mengguncang DIY dan sebagian Jawa Tengah, semalam pukul 00.40 WIB ada gempa lagi dan menurut BMG berkekuatan 3,7 SR pada koordinat 7.64 LS-110.39 BT dengan kedalaman 10 Km. Sedang pusat gempa berada di darat, 20 Km sebelah utara Yogyakarta. Gempanya ga begitu besar tapi cukup bikin panik juga karena kejadiannya tengah malam pada saat orang-orang beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas masing-masing.

Aku dan keluargaku yang tinggal di Klaten juga merasakan gempa itu. Bapak dan ibuku juga sempat keluar karena ada tetanggaku yang membunyikan kentongan. Aku sendiri setengah sadar nggak sadar gitu, aku langsung ngebangunin mbakku yang kebetulan tidur sekamar dengan aku. Aku sempat berpikir kalau aku cuma mimpi soalnya sebelum tidur aku nonton film yang ceritanya tentang gempa yang mengerikan di Amerika.

Jadi trauma lagi deh, aku masih kebayang kejadian gempa tanggal 27 mei kemarin dan kayaknya setiap kali aku duduk dan tidak melakukan aktivitas apapun kepalaku sering nyut-nyutan sendiri. Tapi sekarang sudah jadi kebiasaan kalau ada gempa kecil gitu ya sudahlah pasrah aja kalau memang harus mati karena gempa ya kita ga bisa menolaknya. Yang penting keep pray to God and wish helthy and safely always with us. Padahal beberapa hari kemarin banyak diulas di media tentang awan gempa yang tampak di daerah Jakarta dan sekitarnya yang bikin parno masyarakat yang ada di sana. Dan ternyata yang ada gempa malah Yogyakarta lagi.
Seharusnya pemerintah punya alat untuk mendeteksi gempa agar masyarakat tahu sebelum ada gempa dan mensosialisasikan gimana caranya untuk menyelamatkan diri jika terjadi gempa.

No comments: