Wednesday, May 06, 2009

Bruuukkk!!! Aku terjatuh, lalu aku belajar...dan semoga menjadi lebih pintar

Aku bisa memandangnya tapi aku tak bisa menyentuhnya
Aku berada di sampingnya tapi aku merasa jauh darinya
Aku mendapati senyumannya tapi bukan untukku
Aku melihatnya tertawa tapi bukan bersamaku
Aku merabanya tapi aku tak merasakan kehadirannya

Duduk, diam, melamun dan merenung
Ingin kulepaskan semua penat ini
Meski cuma sesaat…
Hmmmm.....
Tuhan, Andai aku bisa memilih
Aku menemukannya tapi aku tak bisa mengambilnya
Untuk diriku sendiri, untuk hidupku
Aku harus banyak belajar
Dan aku tahu

Bahwa selalu ada proses "belajar" untuk melangkah ke depan.
Selalu ada proses "belajar" untuk mencapai sesuatu.
Selalu ada proses "belajar" untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Dan proses "belajar" selalu diiringi dengan "test / ujian". Di sinilah hasil "belajar" kita di uji. Jelas lebih berat dari sekedar pelajaran yang kita lalui. Tapi di sinilah titik di mana diri kita lah yang menentukan.

Apakah kita sudah bisa "terus maju"? atau kita masih harus "belajar"?
Apakah kita sudah cukup mampu untuk "mencapai sesuatu" yang kita tuju itu? Apakah kita sudah cukup pantas "naik tingkat"?
Apakah kita sudah benar – benar siap untuk hal – hal yang kita cita – citakan?

Ujian yang selalu menguras tenaga dan pikiran kita, tapi menentukan.
Apakah kita mampu melewati ujian itu? Apakah kita bisa menyelesaian persoalan – persoalan di dalamnya? Dengan kedewasaan dan kebijaksanaan yang semestinya. Dengan kesabaran dan ketabahan yang semestinya. Doa dan usaha yang semestinya.
Kadang kita bisa menyelesaikan "ujian" itu dengan baik. Tapi kadang kita gagal karena beberapa hal yang memang belum mampu kita lakukan atau jalankan. Dan akhirnya proses "belajar" harus kita jalani kembali. Bahkan kadang kita harus turun beberapa tingkat untuk proses "belajar" tadi.

No comments: