Friday, January 18, 2008

Sahabat

Pagi yang indah. Why? coz this morning I get a message from my friend. Saat ini gw lagi belajar untuk mempererat hubungan persahabatan gw dengan temen2 lama gw coz udah lama banget gw nggak kontak mereka dan takutnya gw bakal kehilangan persahabatan yang udah gw bina selama ini. Meskipun cuma sms tapi buat gw sangat berarti banget. Apalagi klo isi sms-nya hal2 yang nyenengin Wuiih tambah bahagia banget deh.

Persahabatan buat gw sangat penting, tanpa sahabat mungkin dunia ini jadi kurang berwarna (meskipun ada pelangi :-)). Kalau gw sedang nggak mood, gw pasti butuh sahabat. Gw butuh seseorang yang bisa menghibur gw. Ada hal2 tertentu yang lebih enak gw omongin dengan sahabat daripada dengan ortu. Banyak hal yang dapat gw kerjakan bersama sahabat gw dan semua itu meninggalkan kenangan yang indah. Banyak waktu yang sudah gw habiskan bersama sahabat, tapi gw masih ngerasa kurang. Sepertinya masih banyak yang ingin gw ceritakan dan gw kerjakan bersama sahabat gw. Gw ada puisi tentang sahabat karya Kahlil Djibran yang menurut gw maknanya dalam banget. Ini dia puisinya:

Tentang Persahabatan

Sahabatmu adalah kebutuhanmu yang tak terjawab
Dia adalah ladangmu yang kau taburi kasih dan kau tuai dengan rasa syukur
Dan ia adalah rumahmu serta perapianmu
Sebab engkau datang kepadanya dalam kelaparan dan engkau mencarinya demi kedamaian
Kalau sahabatmu mengemukakan isi hatinya, engkau tidak takut mengatakan ”tidak” di dalam pikiranmu sendiri dan juga tidak menahan ”ya” mu
Dan ketika ia diam, hatimu tidak berhenti mendengarkan hatinya
Sebab tanpa perkataan dalam persahabatan segala pikiran, keinginan, dan harapan dilahirkan dan dibagi dengan sukacita yang tak terkira
Kalau kau berpisah dari sahabatmu engkau tidak berduka
Sebab yang engkau cintai di dalam dirinya mungkin menjadi lebih jelas ketika ia tidak hadir
Dan jangan ada tujuan lain di dalam persahabatan selain roh yang semakin dalam
Dan biarlah kemampuanmu yang terbaik menjadi sahabatmu
Kalau ia harus mengetahui surutmu biarlah ia juga mengetahui pasangmu
Sebab apakah sahabatmu itu sehingga engkau harus mencarinya hanya untuk mengisi waktu
Carilah dia selalu untuk menikmati waktu
Sebab tugasnya adalah memnuhi kebutuhanmu bukannya mengisi kehampaanmu
Dan di dalam manisnya persahabatan biarlah terdengar tawa ria dan kebersamaan
Sebab di dalam embun hal-hal kecillah hati menemukan paginya dan disegarkan

Sebuah kenangan memang tak mudah dilupakan meskipun telah melewati jarak, ruang, dan waktu yang begitu lama.

* Satu hal yang harus gw ingat untuk mempererat tali persahabatn adalah gw harus menerima apa adanya sahabat gw karena dia hanya manusia biasa yang tidak akan pernah sempurna seperti gw.
* " Making a thousand friends a year is not a miracle. The miracle is to make a friend who stand by u for a thousand years"

No comments: